Mengenal Jenis Sticker Untuk Safety Sign

Pembuat Safety Sign di Bekasi
03/04/2019
Layanan Pembuatan Rambu K3
13/04/2019

Mengenal Jenis Sticker Untuk Safety Sign

Sebelum Anda menentukan material safety sign, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu spesifikasi dari materialnya. Berikut beberapa jenis material yang sering digunakan untuk membuat safety sign:

1. Sticker Reflektif

Stiker reflektif adalah jenis stiker yang akan memantulkan cahaya dengan sangat terang ketika tersorot sinar atau lampu, terutama pada kondisi gelap. Artinya, sign berbahan stiker reflektif dapat terlihat jelas dan menyala jika terkena/tersorot cahaya di malam hari.

Maka dari itu, bahan ini cocok digunakan untuk meningkatkan visibilitas di malam hari dan pemasangan outdoor. Biasanya digunakan untuk rambu lalu lintas. Stiker reflektif dapat ditempelkan atau merekat kuat pada plat aluminium, plastik jenis polycarbonate (PC), plastik jenis polyvinyl chloride (PVC), atau akrilik. Contoh stiker reflektif di antaranya Asahi, Transign,Kiwalite SG, Kiwalite EG, 3M 610 .

2.Vinyl (non reflektif)

Sign berbahan stiker vinyl biasa digunakan untuk keperluan pemasangan indoor dan outdoor. Meski memiliki kelebihan tahan terhadap cuaca dan tahan air, stiker ini lebih direkomendasikan untuk pemasangan indoor karena daya tahannya bisa lebih lama. Stiker vinyl dapat menempel kuat bila diaplikasikan pada plat aluminium, akrilik, plastik jenis polyvinyl chloride (PVC), dan media lainnya. Stiker vinyl ini bersifat non reflektif dan bisa digunakan untuk digital printing maupun cutting. Contoh stiker non reflektif di antaranya Oracal

3. Glow in the Dark atau Luminous

Sign berbahan luminous atau glow in the dark dapat menyala/ memendarkan cahaya sendiri dalam kondisi gelap. Artinya, bila sign dipasang di dalam ruangan yang terdapat cahaya lampu, stiker luminous akan menyerap atau mengumpulkan cahaya lampu tersebut, lalu mengeluarkannya kembali saat kondisi gelap. Karena sifatnya yang menyerap cahaya, stiker akan selalu menyala atau bercahaya dengan sendirinya setiap ada perubahan kondisi penerangan dari terang ke gelap dengan seketika. Sifat inilah yang membedakan stiker luminous dengan stiker reflektif. Stiker luminous lebih direkomendasikan untuk pemasangan indoor. Stiker ini biasanya digunakan untuk rambu pintu exit dan evakuasi, rambu peralatan darurat, dan rambu alat pemadam api.

Pada dasarnya, semua jenis stiker di atas dapat ditempel pada beberapa jenis plat seperti aluminium, akrilik, dan plastik. Perbedaannya hanya terletak pada kualitas ketahanan terhadap abrasi, suhu tinggi, kontaminasi terhadap bahan kimianya, dan jangka waktu ketahanannya. Intinya, agar safety sign di perusahaan Anda lebih awet dan bertahan lama, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu lokasi pemasangan safety sign , temperatur suhu, kondisi penerangan, dan jenis kontaminasi di sekitar area kerja yang akan dipasang safety sign.

Bila Anda memiliki rencana untuk memasang safety sign di area kerja perusahaan dan masih bingung dalam hal pemilihan material serta lokasi pemasangannya, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahlinya, salah satunya jasa penyedia safety sign.

Dengan menggunakan jasa penyedia safety sign, Anda pun tak perlu khawatir lagi, selain desain yang dibuat sesuai standar dan lokasi pemasangan yang tepat, material yang digunakan pun akan disesuaikan dengan kondisi di area kerja atau disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pemasangan safety sign pun jadi lebih efisien dan efektif.

Jika Anda berminat dengan jasa dan produk kami,anda bisa datang langsung ke tempat kami di:

MEGA CIPTA NIAGA

Jl.Swatantra V no.35 RT.001/004 Kel.Jatirasa Kec.Jatiasih Bekasi 17424

Tlp. : 021 – 8241 7999

Fax. : 021 – 8241 6999

SMS/WA : 0838 7888 5999 / 0812 2888 5999

Email : info@megaciptaniaga.co.id / megaciptaniaga@gmail.com

www.megacipataniaga.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *